Friday, March 19, 2010

US Air Force One

Cerita tentang:

DEPARTMENT OF THE AIR FORCE ONE - Air Force One Secret Service


dari berbagai sumber seperti laman tertentu, majalah, koran dengan pengubahan seperlunya.


US Air Force One adalah sebutan untuk pesawat pengangkut presiden no 1 di Amerika Serikat. Pesawat ini ialah jenis Boeing 747-200S. Seri Boeing 747-200 memiliki berat maksimum tinggal landas yang lebih besar karena mesin, kerangka, dan roda pendarat yang lebih kuat dibandingkan seri terdahulunya Boeing 747-100. Sekedar info, jika wakil presiden ingin terbang, maka psawat ini disebut Air Force Two.

Dahulu sebutan Air Force One diberikan untuk pesawat manapun yang membawa presiden Amerika serikat. Begitu presiden memasuki pesawat tersebut, maka bandara dan menara pengawas segera menyebutnya sebagai Air Force One agar mudah membedakannya dan tidak mudah tertukar dengan pesawat lainnya bila terjadi pembajakan, kesalahan, dll.







Air Force One memilki spesifikasi:
Kode penerbangan :SAM28000-SAM
29000
Panjan
g :70,4 meter
Tinggi :19,4 meter
Rentang sayap: 59,5 meter
Luas kabin :371,6 meter persegi (3 lantai)

Berat kosong :400 ton
Kecepatan maksimum:1014 km/jam (630 miles/hour = mach 0.92)
Pangkalan :Andrews, Maryland, hanggar ke 19
Pertahanan :Kapsul pen
yelamat, anti-rudal, on air refueling
Sambungan telepon :87buah, 28 diantaranya am
an dan terenkripsi


Pesawat transportasi jet militer ini hanya tidak bisa dinaiki oleh orang sembarangan. Terutama selama penerbangan. Pilotnya saja harus sangat terlatih dan telah memiliki rekor terbang yang sangat bagus tanpa cacat satupun.

Orang-orang khusus yang dapat ikut bersama presiden dalam perjalanan dengan Air Force One diantarnya adalah presiden dan keluarganya, tamu dan anggota white house yang diundang, secret service agent, sebagian grup pers yang telah diundang ataupun terdaftar. Secret service agent bertugas melindungi presiden jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak kita diinginkan seperti serangan terhadap presiden di dalam pesawat dan sebagainya. Mereka duduk berbaur dengan seluruh penumpang dengan pakaian dan dandanan yang berbeda-beda. Namun mereka siap menghadapi segala situasi terutama dalam keadaan presiden dan keluarganya terancam.

Petugas ke
amanan di Andrews Air Force Base melibatkan tidak kurang dari sepuluh tantangan yang berbeda untuk setiap anggota pers di awal perjalanan melalui elemen-elemen Angkatan Udara Amerika Serikat, TSA, US Secret Service (baik berseragam Divisi dan/atau Divisi Perlindungan Presiden), para ahli peraturan peledak, bom-anjing pengendus, dan akhirnya, Air Force One's sendiri bersenjata penjaga, pasukan keamanan eksklusif mereka.







Tamu di Air Force One diperlakukan sebagai tamu istimewa. Kursi-kursi yang besar dan cukup jauh jaraknya enak untuk berbaring bahkan tidur dengan nyaman pada penerbangan yang panjang. Tidak ada makanan yang disajikan dari gerobak sebuah maskapai penerbangan (dibuat dari darat), melainkan makanan yang dimasak segar,langsung oleh koki jet Angkatan Udara di dapur penerbangan yang besar. Menunya penuh makanan dan hidangan pembuka sampai penutup serta dimasak dan dibuat dengan tanganlangsung dalam penerbangan. Di dalam kabin pers juga disediakan perpustakaan buku sampai film dan masing-masing kursi dengan headset lengkap. Jadi, menaiki Air Force One merupakan kebanggaan tersendiri sampai-sampai setiap orang yang berhasil naik Air Force One akan diberi sertifikat penghargaan dari White House yang ditandatangani langsung oleh Presidential Pilot. Sertifikat ini menunjukkan bahwa US begitu menghargai pekerjaan sekelas wartawan karena kepemilikan sertifikat ini menunjukkan orang yang bersangkutan merupakan Undangan Terhormat Presiden.








Air Force One dianggap pesawat paling aman sedunia karena Air Force One dilengkapi sistem keamanan terhebat dan tercanggih seperti kapsul penyelamat, anti rudal, dan sistem refueling on air.

Kapsul penyelamat digunakan dalam keadaan paling darurat dimana pesawat dalam keadaan sangat darurat. Presiden diselamatkan melalui kapsul penyelamat lalu, kapsul penyelamat akan dilontarkan dan di darat, dengan segera pasukan militer darat mendeteksi posisi kapsul penyelamat karena telah dilengakapi dengan GPS multizone.
Kapsul penyelamat juga menyediakan berbagai kebutuhan presiden di dalamnya serta parasut untuk pendaratan.

Anti rudal memungkinkan pesawat ini menghindari diri dari serangan rudal dengan melepaskan ledakan seperti bola api yang panasnya berpuluh-puluh kali panas badan pesawat sehingga rudal akan terkecoh dan mengikuti bola api tadi.


Pesawat ini juga dapat melakukan pengisian bahan bakar darurat di udara (saat terbang). Dengan bantuan cadangan bahan bakar dari pesawat lain dalam keadaan darurat.

Bandara udara yang bisa didarati pesawat ini antara lain Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, NgurahRai Bali dan Adisumarmo Solo.




Segini dulu akh...

4 comment(s):

Anonymous said...

Pesawatnya Obama, nyink... Wkwkwk...

Anonymous said...

aihhh....
keren2..
emang presiden kerjanya buang2 duit....

Anonymous said...

bagus ne...opo selalu 2 yo?

Anonymous said...

batal datang lagi..... bata bata bata...

Post a Comment

comment

 
;