Wednesday, December 28, 2011

Teknik Industri ITB

Semua cerita di bawah ini adalah segala sesuatu yang saya tahu tentang Teknik Industri ITB (TI-ITB). Cerita ini ditulis berdasarkan pengalaman masuk TI-ITB, informasi dari sumber lain, dan informasi dari perkuliahan FTI-ITB dan TI-ITB itu sendiri. :)

Sebagai awal, apa itu teknik indutri?
"Industrial Engineering is concerned with the design, improvement, and installation of integrated systems of people, material, equipment, and energy it draws upon specialized knowledge and skill in the mathematical, physical, and social sciences together with the principles and methods of engineering analysis and design to specify, predict, and evaluate the results to be obtained from such system" - The Institute of Industrial Engineers (IIE 1984)


Ada 4 bagian yang penting dari definisi menurut IIE di atas. Bagian-bagian tersebut ialah kata kunci yang sangat mendasar dan akan membuka lebar keberadaan teknik industri sebagai bidang keilmuan. Oleh sebab itu, mari kita bahas satu per satu. 

1. ... design, improvement, and installation ...
Ketiga proses ini memastikan teknik industri sebagai engineering/keteknikan. Dengan begitu, ketiga proses tadi merupakan tugas dan kompetensi utama disiplin Teknik Indutri. Proses perancangan (design), proses perbaikan-penyempurnaan (improvement), dan proses pemasangan/ instalasi (installation).

2. ... integrated systems of people, material, equipment, and energy ...
Teknik Industri memiliki objek kajian yang khas sehingga teknik industri dapat dibedakan dari disiplin engineering lainnya. Objek kajian Teknik Industri ialah sistem terintegrasi! Sistem terintegrasi yang terdiri dari orang (people), material (material), peralatan (equipment), dan sumber energi (energy). Jadi, disiplin Teknik Industri berbica interaksi antara orang,material, peralatan, dan sumber energi tadi secara keseluruhan. Disiplin Teknik Indutri tidak memiliki objek kajian manusia atau perlatan saja tapi melihat segala sesuatunya secara keseluruhan bersama-sama. Di situlah letak perbedaan disiplin Teknik Industri dengan disiplin lain. Saat Teknik Sipil (katakanlah) mengkaji tentang kekuatan sebuah jembatan dengan kapasitas beban tertentu yang diinginkan, Teknik Industri bisa mengkaji seberapa perlu pembangunan jembatan tersebut di suatu daerah, berapa jalur yang diperlukan dengan memperkirakan jumlah kendaraan yang akan melintas sehingga jembatan dapat mengatasi kemacetan. Teknik Industri juga bisa mengkaji berapa pekerja dan alat yang diperlukan sehingga pembangunan jembatan selesai dalam 2 tahun misalnya.

3. ... mathematical, physical, and social sciences ...
Inilah ilmu pengetahuan dasar yang diperlukan disiplin Teknik Industri. Matematika yang utama, Fisika, dan Ilmu Sosial. Masuknya ilmu sosial sebagai ilmu pengetahuan dasar Teknik Industri juga menjadikan disiplin Teknik Industri sebagai disiplin yang khas dan berbeda dari disiplin lain. Mengapa perlu ilmu sosial? Ingat kembali poin2 bahwa disiplin Teknik Industri memiliki objek kajian yang mengandung unsur orang/manusia sehingga diperlukan ilmu sosial. Tiga ilmu pengetahuan dasar ini selanjutnya dilengkapi dengan prinsip-prinsip dan metode engineering.

4.... specify, predict, and evaluate the results to be obtained ...
Objektifnya jelas untuk menentukan (specify), memprediksi (predict), dan mengevaluasi (evaluate) hasil (output) yang akan diperoleh dari suatu sistem yang dikaji. Ingat, sistem yang dikaji ialah sistem terintegrasi (integrated system).

Dari definisi di atas, disiplin Teknik Industri adalah proses kontinu (terus-menerus) untuk menuju kesempurnaan. Perhatikan kata-kata analysis, improvement, predict, evaluate, dsb. Kata-kata tersebut mencirikan perbaikann terus-menerus sehingga diperoleh hasil (output) dari suatu sistem yang lebih dan selalu lebih baik.

Itulah yang menyebabkan disiplin Teknik Industri identik dengan kata efisien, optimasi, keseimbangan. Dengan mencari titik efisien, optimal, dan seimbang, akan didpatkan hasil yang maksimal (lebih baik). Dan memang dari sanalah disiplin Teknik Industri berasal.

Pada awal pembentukannya, terutama saat dan setelah Perang Dunia II, muncul konsep-konsep dasar Teknik Indutri akibat batasan-batasan yang terjadi. Contohnya dialami Tokoh Teknik Industri, Eli Whitney, yang mencetuskan konsep "interchangeable part" (pat-part yang bisa saling menggantikan-substitut) akibat desakan jumlah pesanan senapan yang besar, kekurangan tenaga kerja, dan kualitas bahan baku yang rendah. Contoh lain dari Charles Babbage yang memberikan pekerjaan ringan pada wanita dan anak-anak untuk menekan ongkos.

Kira-kira begitulah sekilas awal munculnya disiplin Teknik Industri. Lalu bagaimana perkembangan pola/ kerangka berpikir disiplin Teknik Industri? Perkembangan pola berpikir disiplin Teknik Industri dibagi menjadi 4 era besar. Era Scientific Management, Administative and Behaavior Management, Management Science, serta Integrated Approach.

Pada awal kemunculannya (Era Scientific Management), seperti yang diceritakan di awal, disiplin Teknik Industri muncul akibat adanya batasan-batasan yang menyertai tujuan besar yang hampir serupa yaitu "meningkatkan produktivitas sistem kerja secara efisien". Intinya, metoda yang tepat ialah memperbaiki hubungan/ interaksi antara manusia, mesin, dan material itu sendiri. Era ini menghasilkan prinsip awal disiplin Teknik Industri yang sering dikenal sebagai "We never find the best way, yet We always find the better ways". Era ini ditandai dengan munculnya metodea-metoda yang berhubungan dengan prouktivitas dan efisiensi seperti penghitungan waktu baku, pembagian kerja sesuai keahlian, studi gerakan, peningkatan produktivitas instrumen-instrumen, sistem penjadwalan, penerapan imbalan bagi pekerja berprestasi, pembuatan tataletak pabrik, dlsb.

Era Adm. and Bhavior Management merupakan kelanjutan dari era sebelumnya. Pada era ini, disiplin Teknik Industri dipengaruhi oleh perkembangan ilmu-ilmu manajemen, administrasi, human relation, dll. Perubahan yang cukup besar terjadi adalah skala. Jika sebelmnya, pola berpikir diterapakan pada tingkat stasiun kerja, kali ini, pola berpikir merambah ke skala organisasi dengan masuknya ilu-ilmu sosial di samping ilmu teknikal. Tokoh penting pda era ini ialah Henry Fayol dengan sistem bisnis, 14 prinsip manajemen, dan proses manajemennya. Selain itu muncul pula teori birokrasi (Max Weber), demokrasi, compliance, hawthorne effect, higienik, teori peringkat kebutuhan, teori kebutuhan Maslow, dlsb.

Perkembangan ilmu-ilmu dasar seperti kalkulus dan perkembangan zaman turut mengembangkan disiplin Teknik Industri menjadi lebih besar dan real. Objek kajian semakin rumit dengan berbagai keterbatasan (constraints) dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan yang tadinya sederhana berubah semakin rumit agar bisa menggambarkan masalah yang sebenarnya. Perkembangan ini menjadi ciri khas era Management Science dimana lahir tiga jenis pendekatan yaitu Optimasi Klasik (Classical Optimization), Penyelidikan Operasional (Operational Research), Simulasi (Simulation). Intinya, pendekatan-pendekatan ini melahirkan model-model matematis yang di dalamnya terkandung beberapa komponen model seperti kriteria kinerja (Perormance Criteria - tujuan yang ingin dicapai dalam memecahkan masalah), variabel keputusan (Decision Variable - Variabel yang akan diputuskan untuk mencapai tujuan), pembatas (Constraints - kendala yang ada/ kemampuan maksimum), parameter (Parameter - Nilai inputan yang besarnya relatif tetap), serta hubungan logika (Logical Relationship - keterkaitan antar komponen). Dari situlah diformulasikan model yang teat untuk mencari solusi. Masih banyak tahapan. Penentuan sifat kebebasan kejadian (deterministik, probabilistik, tak tentu), verifikasi-validasi model, solusi feasible-vs-optimal, pengembangan model, pencarian solusi, sampai penggunaan software untuk mencari solusi.

Pada era Integrated Approach, pol berikir Teknik Industri digunakan lebih luas. Bukan hanya stasiun kerja, bukan hanya organisasi. Objeknya meluas menjadi kesatuan sistem. Berpikir secara luas tidak hanya melihat satu stasiun/ organisasi. Mengapa? Objektifnya dapat dikatakan hasil yang maksimal. Namun perlu diingat, kondisi maksimal suatu organisasi/ stasiun kerja belum tentu bahkan tidak diiringi kondisi maksimal di organisasi/ stasiun kerja lainnya yang berhubungan. Oleh sebab itu, diperlukan kondisi maksimal di semua lini sehingga menghasilkan kondisi maksimal secara keseluruhan sistem. Ambilah contoh, divisi produksi begitu hebat dan sangat produktif karena mampu menghasilkan 500 meja dalam sehari. Di lain sisi, divisi marketing dan penjualan hanya mampu menjual 200 meja dalam sehari karena ada keterbatasan harga dan yang terutama permintaan pelanggan. Dari situ kita bisa melihat keseluruhan perusahaan pembuat meja akan merugi meskipun divisi produksinya begitu hebat.

Akhir-akhir ini muncul pola pikir anyar dimana sistem informasi dan energi masuk menjadi bagian dalam pol berpikir Teknik Industri. Identik dengan data, sistem informasi memungkinkan penyelesaian masalah dapat mengacu pada kejadian-kejadian yang pernah ada dan diharapkan dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Sistem informasi juga berkembang seiring perkembangan teknologi. Dengan demikian tidak aneh lagi jika model-model yang ada dapat bergerak dengan data yang telah ada dan terus menguppdate dirinya sendiri sehingga solusi yang dihasilkan tidak usang dan tetap up-to-atedengan kejadian yang sebenarnya terjadi saat itu.Di situlah awal kemunculan model yang bersifat real-time seperti sistem di Stock Market dan sistem pelelangan bunga online di Belanda.

Bagaimana TI-ITB?
TI-ITB menggunakan Sistem Konkrit Manufaktur (SKM) sebagai acuan dalam proses pendidikan. Mengapa? SKM bersifat real, komplit, komprehensif, dan sesuai nilai historis. Real karena dapat divisualisasikan secara nyata sehingga dapat dipahami secara nyata proses-proses yang terjadi dalam sistem terintegrasi. Komplit karena dapat mewakili selruh struktur dan komponen dalam sistem integral yaitu man, machine, material maupun aspek fungsional (interaksi dan informasi). Komprehensif karena sangat jelas batasan (boundary) antar sistem yang dikaji dan lingkungan sekitarnya. Nilai historis mengingat TI-ITB berasal dari Teknik Produksi, Departemen Mesin ITB.

Itulah sekilas tentang disiplin Teknik Industri. Masih banyak keseruan di dalam Teknik Industri yang sulit dijelaskan di sini. Mengutip kata-kata dari TI-UI, "Engineers make things, Industrial Engineers make things better" :D

0 comment(s):

Post a Comment

comment

 
;