Thursday, December 16, 2010

Filipina 0 - 1 Indonesia

Pertandingan dimulai di Gelora Bung Karno, Jakarta. Filipina bertindak sebagai tuan rumah memulai kick off. Menit awal Indonesia berhasil memberikan serangan yang diselesaikan Christian Gonzales dengan tendakan yang masih terlalu tinggi. Pertandingan terlihat akan alot. Bola berputar-putar di lini tengah. Beberapa kali Indonesia memulai serangan namun 3 kali terperangkap offside dalam kurun waktu 4 menit.

Irfan Bahdim mendapat peluang setelah lolos dari perangkap offside namun bola berhasil diambil bek Filipina di sisi kanan pertahanan Indonesia.  Okto mencoba menendang bola hasil rebound namun masih jauh dari sasaran.

Menit ke 8, kerjasama Okto dan M. Nasuha menembus sisi kanan pertahanan Filipina. M. Nasuha memberikan umpan matang mendatar ke tengah dan disambut Christian Gonzales dengan tenfangan kaki kiri yang berhasil ditangkap kiper FIlipina.. Peluang emas pertama tim Indonesia di babak pertama.

Menit ke 13 hampir saja Filipina memimpin. Sayangnya true pass terperangkap offside. 1 menit kemudian, tendangan pemain Filipina dari luar kotak penalti berhasil ditangkap Markus Horison.

Menit ke 32 Indonesia memimpin hasil kerjasama apik pemain tengah dan depan tim Indonesia.. Gol sundulan yang sangat indah mengarah ke tiang jauh oleh Christian Gonzales. Gol ini mengangkat semangat para pemain Indonesia yang berdampak meningkatnya performa permainan mereka.

Akhir-akhir babak pertama digunakan tim Indonesia untuk menjaga konsentrasi dan stamina dengan bermain-main di daerah pertahanan sendiri. Beberapa kali kesebelasan Filipina melakukan kesalahan yang memberikan tim Indonesia peluang. Namun belum ada yang berhasil berbuah gol. Babak pertama ditutup keunggulan tim Indonesia 0-1.

Babak kedua dimulai. Tidak banyak perubahan strategi yang dilakukan oleh kedua tim. Indonesia banyak menguasai bola dan memperoleh beberapa peluang. Namun belum dapat dimaksimalkan.

Terlebih masuknya Arif Suyono menggantikan Oktavianus Maniani yang sedikit terpancing emosi serta Bambang Pamungkas yang menggantikan Irfan Bachdim menambah daya gedor tim Garuda. Sayang sekali belum bisa menjadi gol terutama saat Bambang Pamungkas tinggal berhadapan langsung dengan kiper Filipina yang lebih cepat menangkap bola.

Beberapa kali pemain Indonesia direpotkan oleh serangan set piece pemain Filipina yang langsung menjadikan kotak penalti sebagai target.. Hal ini sedikit memancing emosi dan sayang sekali di pertengahan babak kedua, Christian Gonzales melakukan kesalahan sliding tackle dari belakang yang sebenarnya belum perlu dilakukan terhadap James Younghusband. Kartu kuning dihadiahkan pada Christian Gonzales dan membahayakan gawang Indonesia karena memberikan set piece kembali.

Kali ini, emosi meledak pada J. Younghusband yang seolah-olah membalas tackling Christian Gonzales padanya. Ia melakukan sliding tackle yang tak kalah berbahayanya pada Christian Gonzales sehingga ia diberi kartu kuning oleh wasit dari Iran yang memimpin pertandingan ini.

Peluang terbaik tim Filipina datang menuju akhir babak kedua kembali melalui set piece. Sundulan melambung pemain Filipina ingin ditangkap Markus Horizon yang sedikit maju. Namun sayang kurangnya komunikasi menyebabkan lompatannya terhalang Maman Abdurahman yang juga berusaha membuang bola. Bola mengarah keluar kotak penalti tempat salah seorang pemain Filipina berada. Tak ingin membuang waktu ia melambungkan bola melalui atas kepalanya ke arah gawang Indonesia yang kosong ditinggal Markus. Untung saja masih ada Zulkifli yang menyundul bola dengan sukses keluar lapangan dan menghasilkan tendangna pojok.

Untuk mengejar ketertinggalan, pemain Filipina terus melakukan umpan-umpan panjang langsung ke kotak penalti bahkan langsung dari kiper Filipina. Namun disiplinnya pemain Indonesia dengan strategi khusus menghadapi pemain yang jauh lebih tinggi dan counter attack yang cepat sangat manjur dan berhasil mengeblok serangan-serangan Filipina.

Akhirnya sampai menit terakhir, gawang tim Indonesia selamat dari kebobolan dan Indonesia memimpin 0 - 1 di leg pertama semifinal piala AFF. Secara keseluruhan Indonesia menguasai jalannya pertandingan dengan keunggulan ball possesion dan tendangan akurat yang lebih banyak. Bagaimana dengan leg kedua? Berhasilkah Indonesia lolos ke Final Piala AFF? Jangan lewatkan, Indonesia vs Filipina hari Minggu jam 7 malam......

0 comment(s):

Post a Comment

comment

 
;