Tuesday, December 07, 2010

Indonesia - Thailand 2 - 1


Pertandingan kali ini berlangsung sangat berbeda.. Permainan bola-bola panjang Thailand terus mengurung pertahanan tim Indonesia... Hanya beberapa kali Indonesia berhasil keluar menyerang dan hampir selalu kandas sebelum memasuki kotak penalti Thailand sedangkan gawang Indonesia terus dibombardir para pemain Thailand. Babak pertama Indonesia berhasil menahan imbang Thailand tanpa gol.

Menit ke-58 Bambang Pamungkas masuk menggantikan Irfan Bachdim. Selain untuk menambah daya gempur tim Indonesia, keluarnya Irfan Bachdim bertujuan untuk menjaga kebugarannya mengingat Indonesia sudah pasti lolos ke semifinal dan harus mempersiapkan diri untuk lawan selanjutnya. Hingga menit ke-65, Thailand masih mendominasi jalannya pertandingan yang berlangsung.

Pertahanan Indonesia akhirnya jebol. Menit ke-68 pemain bertahan Thailand, Suree Sukha yang tidak terkawal berhasil membobol gawang Indonesiadengan gol fantastisnya dan membuat kedudukan menjadi 0-1 untuk keunggulan Thailand. Pelatih, pemain dan official Thailand meluapkan kegembiraannya.
  
Menit ke 72, pelatih Indonesia, Alfred Riedl memasukan Arief Soeyono. Masuknya pemain ini menambah warna baru di kubu Indonesia. Semangat dan nasionalisme para pemain Indonesia terbakar lagi sehingga beberapa kali berhasil melancarkan serangan dan berbuah beberapa peluang.

Akhirnya semangat itu membuahkan hasil. Bambang Pamungkas berhasil membobol gawang Thailand melalui titik penalti dimenit ke-79 sehingga membuat kedudukan menjadi imbang 1-1, menyulut semangat para suporter yang memenuhi stadion. Hadiah penalti diberikan pada Indonesia setelah pemain belakang Thailand melakukan pelanggaran terhadap Christian Gonzales di kotak terlarang. Dalam kondisi ditahan dan dijegal, Christian Gonzales masih bisa melepaskan tandukan hasil umpan terukur Eka Ramdani namun hanya mengenai tiang gawang. Bola pantulan hampir disambarnya namun ia ditarik dari belakang.

Petaka Thailand datang pada menit ke 87. Pemain belakang Thailand, P. Wongsa yang telah mengantongi satu kartu kuning menjatuhkan diri dan mengangkat tangannya untuk menghalau tendangan pemain Indonesia. Sayangnya kejadian itu terlihat wasit dan terjadi di kotak terlarang. Penalti kedua diberikan wasit asal Jepang untuk Indonesia. Bambang Pamungkas kembali menunjukkan kehebatannya sebagai algojo penalti. 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai akhir pertandingan.

Selamat, Indonesia!!!

***
Susunan Pemain:
Indonesia: Markus Horison; Zulkifli Syukur, Maman Abdurahman, Muhammad Roby, Mohammad Nasuha; Muhammad Ridwan, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Oktovianus Maniani; Cristian Gonzales, Irfan Haarys Bachdim.

Thailand: Sinthaweechai Hathairattanakool; Suree Sukha, Suttinun Phukhom, Nataporn Phanrit, Natthaphong Samana;
Naruphol Aromsawa, Datsakorn Thonglao, Panupong Wongsa, Rangsan Vivatchaichok; Teerasil Dangda, Kirati Keawsombut.

0 comment(s):

Post a Comment

comment

 
;